Cara Mengatasi Amarah yang Aman


Hay sahabat blogger.
Berikut cara aman dalam mengatasi amarah yang terkadang tak dapat di kendalikan diri kita sendiri.

Dalam kehidupan sosial ada banyak berbagai karakter yang berbeda dari satu dan lainnya. Ada kalanya Anda bisa diselimuti perasaan emosional yang sangat meluap-luap.Tidak bisa dipungkiri jika dalam kehidupan ada banyak hal yang mampu mengundang amarah seseorang. Mungkin saja ditempat Anda berada ada satu atau dua teman yang sering memancing amarah Anda. Saat seperti ini dilema pun melanda, Anda ingin meluapkan amarah Anda namun hal tersebut tentu akan berdampak buruk pada diri Anda. Berikut beberapa cara sederhana yang jauh lebih aman untuk meluapkan semua rasa marah Anda.

  • KENDALIKAN PIKIRAN ANDA

Seperti yang sudah beberapa kali disebutkan jika semua hal yang dilakukan manusia itu dikendalikan oleh otak atau pikirannya. Nah, saat emosi sudah mulai memuncak maka sebaiknya Anda mengendalikan pikiran Anda. Mungkin Anda sedikit aneh jika saya katakan bahwa Anda bisa meluapkannya dalam pikiran Anda. Bayangkan saja saat Anda memukul sebuah benda atau bahkan mungkin memukul orang yang membuat Anda marah. Tapi ingat hal ini harus tetap Anda batasi hanya dalam pikiran Anda.

  • BICARA PADA DIRI ANDA SENDIRI

Pengendalian diri menjadi salah satu kunci sukses, termasuk untuk urusan emosi. Saat perasaan emosi Anda mulai membakar hebat maka Anda bisa meluapkannya dalam diri Anda sendiri. Caranya? Jangan ragu untuk berbicara pada diri Anda sendiri. Ibaratnya berkata dalam hati Anda. Yang penting saat Anda melakukannya adalah Anda tidak meluapkannya dengan tindakan kekerasan.

  • KOMUNIKASIKAN

Dua cara diatas mungkin tidak bisa dilakukan semua orang, karena jika Anda tidak bisa mengendalikan diri Anda sendiri maka poin diatas justru bisa menjadi luapan emosi yang berbahaya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meluapkan emosi Anda adalah dengan mengkomunikasikannya dengan orang terdekat Anda, tapi sebaiknya Anda tidak berbagi cerita dengan rekan kerja melainkan bersama pasangan atau keluarga Anda sendiri.

  • LUAPKAN LEWAT HUMOR

Sisi emosional sebenarnya bisa dikendalikan selama Anda tahu bagaimana caranya. Salah satu trik yang cukup membantu adalah dengan menyelipkan sedikit humor saat Anda meluapkan emosi Anda.

  • KETENANGAN
Mencari tempat atau ruangan dimana anda dapat menenangkan diri sejenak untuk mengurangi amarah yang sedang anda rasakan. Dengan sedikit ketenangan, kita dapat berfikir positif apa yang akan di lakukan selanjutnya.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi amarah pada diri kita.


2 Responses to "Cara Mengatasi Amarah yang Aman"

  1. Kalau saya lagi marah biasanya suka cuci muka atau berwudhu mas itu adalah cara yang ampuh yang sering saya pakai.

    ReplyDelete