Manfaat Buah Duwet/Jamblang dapat Menurunkan Kadar Gula Berlebihan Pada Penderita Diabetes Dan Kolesterol



Hay sahabat blogger.
Kali ini saya akan membagi ilmu tentang manfaat dari buah duwet yang masih banyak orang belum tau kasiatnya.
Kelebihan kolesterol didalam darah dapat juga dihindari dengan konsumsi buah duwet. Kandungan alfa phytosterol, semacam sterol yang mempunyai karakter mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik.

Sementara itu di dalam buah duwet banyak pula mengandung zat astringent, satu zat yang diketahui dapat menolong pengobatan luka diabetes karena karakter astringent yang bisa menciutkan kulit. Tidak hanya sampai disini, serat, vitamin serta bermacam mineral juga terdapat di dalam duwet. Akan tetapi, beberapa orang masih jarang konsumsi buah ini yang memiliki rasa sepat serta kurang manis.

Selain bermanfaat untuk mengatur luka pada diabetes buah duwet mempunyai manfaat lain yakni :

  • Sumber antioksidan
Tidak banyak yang tahu, duwet mempunyai khasiat kesehatan, berkaitan dengan kesibukan antioksidan yang tinggi. Ini dikarenakan warna (pigmen) ungu yang di kenal dengan nama antosianin. Anti-oksidan ini bertindak utama dalam mencegah serta memerangi bermacam penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner serta kanker yang berada di tubuh penderita.

Anti-oksidan duwet di pengaruhi oleh bagian kematangannya. Buah mentah (berwarna hijau) mempunyai anti-oksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (berwarna merah serta agak keras) miliki anti-oksidan sedikit tambah baik. Sedang buah masak (berwarna ungu) mempunyai anti-oksidan tertinggi.

Oleh karenanya, baiknya duwet bisa dikonsumsi dalam kondisi telah masak serta segar. Bila kurang segar, aktivitas antioksidannya telah berkurang.

  • Mengobati Mencret
Pengobatan untuk mencret akibat masuk angin serta hawa dingin dilakukan dengan memakai kulit dahan jamblang(buah duwet). Kulit tersebut di rebus kemudian airnya disaring serta diminum.

  • Mengatasi Diabetes
Untuk mengatasi diabetes, 15 butir biji jamblang ditumbuk halus serta di rebus. Rebusan itu dibagi jadi tiga sisi untuk sehari. Ulangilah sehari-hari hingga tubuh terasa segar. Kulit pohon jamblang dapat pula di gunakan untuk diabetes. Sejumlah 250 gr kulit jamblang basah dipotong-potong, lantas di rebus dengan 3 gelas air sampai jadi dua gelas. Saring airnya kemudian diminum sedikit-sedikit hingga habis dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat dari buah duwet/jamblang,semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

2 Responses to "Manfaat Buah Duwet/Jamblang dapat Menurunkan Kadar Gula Berlebihan Pada Penderita Diabetes Dan Kolesterol"