Pengertian Open Source dan Beberapa Pertanyaan


1. What is Open Source ?
Open Source adalah Sumber terbuka (Inggris: open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Dengan penyertaan kode program tersebut, pembeli atau pengguna program dapat membedah program tersebut, melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya, bahkan memperbaiki -Bug- atau kesalahan logika dalam program tersebut.

2. What is desktop environment ? 
Desktop Environment adalah sistem halaman depan yang memudahkan kita dalam pengoperasiannya. Karena dengan Desktop Environment ini linux kita bisa tampil dalam mode grafis ( GUI ).

3. What is codec, how to instal ?
Codec adalah nama teknis yang diambil dari singkatan "compression/decompression", atau bisa juga "compressor/decompressor" atau juga "code/decode" dan ditujukan untuk sebuah program komputer yang berfungsi mengecilkan (compress) file-file, lalu mengembalikannya ke ukuran semua (decompress). sepengetahuan saya codec yang mirip seperti plugin suatu program (setahu saya player) yang di butuhkan untuk menghandle setting suara, display, dll. untuk penginstallan kalau di windows dengan mode GUI biasanya jika suatu program player belum di install codec maka program akan mengeluarkan dialog box untuk menginstall codec yang di butuhkan, biasanya juga menyediakan hyperlink untuk memudahkan user mendownload codec, untuk di linux bisa download file codec dengan ekstensi *.deb lalu install dengan cara drag and drop ke terminal, enter. atau ketik sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras di terminal, enter.

4. What is repository, how to use repository ?
Repository merupakan kumpulan dari file-file master yang terdiri dari beberapa paket, yang dijadikan satu bundel atau generalisasi untuk mendukung end user dalam hal menginstall beberapa aplikasi yang ia kehendaki. Sebagai contoh untuk menginstall aplikasi pemutar video, mp3, dan yang lainnya. cara menginstall Tambahkan Source List dengan cara mengedit file sources.list File source repository terletak di /etc/apt/sources.list, untuk membukanya kita buka dengan gedit, dengan perintah sudo gedit /etc/apt/sources.list. lalu muncul text editor dan menembahkan url repo dari repo yang kita inginkan di bagian akhir text editor. setelah itu mengupdate linux dengan cara sudo apt-get update.

5. How to install aplication via terminal ?
Cara menginstal aplikasinya,cari filenya lalu arahkan terminal ke folder installer linux tersebut lalu ketik sudo dpkg -i (nama_aplikasi).deb, enter.

6. How to screenshot the desktop ?
cara melakukan screenshot di linux ada 3 cara :
  • - pertama, Take Screenshot adalah utility default di Ubuntu yang sangat mudah digunakan. Anda dapat memulai dari Applications> Accessories> Take Screenshot.
  • - kedua Anda bisa menggunakan GIMP editor untuk mengambil screenshot. Pertama jalankan GIMP dari Applications > Graphics > GIMP Image Editor, klick File > Create > Screenshot.
  • - ketiga dengan hotkey Alt + Prt Sc.

0 Response to "Pengertian Open Source dan Beberapa Pertanyaan"

Post a Comment